Fungsi Public Relation
Fungsi atau tugas paling penting dari public relation adalah
- Menumbuhkan dan mengembangkan hubungan yang baik terhadap lembaga (organisasi) dengan publik.
- Internal ataupun eksternal dalam rangka menanamkan pengertian
- Menumbuhkan motivasi dan juga partisipasi umum dalam usaha membuat terciptanya pendapat publik yang memberikan keuntungan kepada lembaga organisasi.
Menurut IPRA (International Public Relations Association) tahun 1981, fungsi dari public relation yakni:
- Mengadakan konseling yang berdasar dari pemahaman masalah perilaku manusia
- Membuat analisa kedepan dan ramalan terhadap akibat-akibat untuk institusi
- Melaksanakan riset pendapat, sikap, dan harapan masyarakat terhadap institusi dan memberi saran-sarana dan juga tindakan-tindakan yang dibutuhkan institusi untuk menyelesaikannya.
- Membuat dan membina komunikasi dua arah dengan landasan kebenaran dan informasi yang utuh
- Melakukan pencegahan konflik dan salah pengertian
- Melakukan peningkatan rasa saling hormat dan rasa tanggung jawab sosial
- Menjalankan penyerasian kepentingan institusi kepada kepada kepentingan umum
- Melakukan perbaikan hubungan industrial
- Melakukan penarikan tenaga kerja yang baik supaya menajdi anggota dna mengurangi keinginan anggota untuk keluar dan institusi
- Memasyarakatkan produk atau layanan
- Mengupayakan pendapatan keuntungan secara maksimal
- Membuat jati diri institusi
- Memupuk minat tentang masalah-masalah nasional ataupun internasional
- Melakukan peningkatan pengertian tentang demokrasi
0 Komentar